-->

Info 5 Cara Ngumpulin DP Rumah Cuma 3 Bulan Tanpa Pinjam Bank

- Kamis, Januari 26, 2017

Info Uang muka atau DP merupakan momok terbesar yang membuat banyak orang mengurungkan niat membeli rumah. Jangan ambil pusing! Itu bukan masalah, sebab banyak banget kok cara untuk bisa punya uang DP rumah. Bahkan hanya dengan 3 bulan, kamu bisa mengumpulkannya! Cepat bukan?

Sekarang mungkin kamu sedang berpikir, cara tercepat untuk mengumpulkan DP rumah ya meminjam ke bank atau keluarga kan? Salah Besar! Meminjam uang ke bank untuk membayar DP rumah malah bisa bikin terjerat hutang lebih besar dan makin pusing lho!

Cari Promo DP Ringan
Terhitung sejak Agustus 2016, Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan keputusan untuk menurunkan Loan to Value (LTV) KPR yang berimplikasi pada penurunan DP rumah. Hal ini tentu sangat meringankan orang-orang yang ingin mencicil rumah.

Sebelumnya, uang muka rumah berkisar antara 30% hingga 50% dari harga totalnya. Namun kini, kamu hanya perlu menyiapkan DP sebesar 15% hingga 20% untuk landed house atau rumah tapak.

Di awal tahun ini malah pemerintah mengusulkan supaya seluruh Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) alias bergaji di bawah Rp5 juta, bisa mencicil rumah tanpa harus membayar DP. Saat ini saja pemerintah sudah mengusahakan agar MBR bisa membayar DP hanya 1% atau sekitar Rp4 juta hingga Rp5 juta. disini DP 5 juta klik

Buat Tabungan Bersama
Buat kesepakatan bersama pasanganmu yang juga bekerja dengan membuat tabungan khusus untuk DP rumah. Sisihkan setidaknya 10-15% dari masing-masing pendapatan kalian per bulan, lalu masukkan ke dalam rekening khusus yang tidak bisa ditarik sama sekali.

Kalian berdua bisa memanfaatkan program tabungan berjangka dari bank pilihan. Tabungan ini membuat kamu dan pasangan harus menyetorkan sejumlah uang dalam waktu tertentu. Pilihlah program tabungan dengan jangka waktu pendek biasanya dimulai dari tiga bulan hingga satu tahun.

Tabungan semacam ini selain membantu kamu menabung dengan lebih konsisten, juga sangat menguntungkan. Sebab, kamu tidak perlu membayar berbagai biaya administrasi setiap bulannya.

Autodebet Tabungan
Kamu kan sudah punya gol yang sangat spesifik. Jadi, konsistenlah menabung! Jika masih kesulitan membagi uang, gunakan saja sistem autodebet dari rekeningmu dan pasangan ke rekening khusus yang sudah kalian buat.

Tentukanlah waktu autodebet sehari setelah kamu dan pasangan menerima gaji. Hal ini akan membuat kalian tidak tergiur memanfaatkan uang tersebut untuk keperluan-keperluan lainnya.

Rem Diri!
Selain menabung di rekening khusus, kamu juga bisa membuat tabungan ekstra di celengan dari hasil penghematan kebutuhan sehari-hari. Rem dirimu untuk tidak melakukan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu urgent, misalnya nongkrong di akhir pekan atau bahkan membeli produk-produk sekunder.

Menahan diri untuk tidak jajan memang sulit! Tapi kamu harus ingat akan tujuan besarmu di tahun 2017 untuk punya rumah ini ya.

Tidak hanya melakukan penghematan, tabungkan juga bonus-bonus yang kamu dapatkan! Uang lembur, bonus tiga bulan, atau pendapatan dari side job yang kamu punya akan sangat membantu menambah jumlah tabungan untuk DP rumah.

Jual Aset Lain
Mendekati deadline 3 bulan tapi tabungan DP rumah belum tergenapi? Kamu bisa menjual beberapa aset yang dipunya seperti koleksi perhiasan emas atau kendaraan pribadi. Jangan khawatir! Setelah DP terlunasi, cicilan per bulan sudah tersanggupi, dan kondisi keuangan mulai stabil, kamu bisa kembali membeli barang-barang tersebut.

Cicilan Rumah Tanpa DP
Selain memanfaatkan turunnya nilai DP, kamu juga harus rajin-rajin hunting rumah dengan yang menawarkan promosi uang muka ringan. Malah kamu juga bisa mencari rumah-rumah yang bisa dicicil tanpa DP sama sekali. Hal ini akan sangat meringankan kamu yang ingin cepat punya rumah!

Semoga di tahun 2017 ini impianmu untuk punya rumah bisa terwujud (tiara/urbanindo)

 

Start typing and press Enter to search